BERITA DUKA: Kepala Humas BNPB Sutopo Meninggal Dunia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB.

Informasi duka tersebut beredar melalui pesan singkat WhatsApp. “Iya, benar (informasi yang menyebutkan Bapak Sutopo meninggal dunia),” kata Kepala Subbagian Tata Usaha Pusdatinmas BNBP, Yahya Djunaid saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu.

Hingga saat ini, Yahya mengaku masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak keluarga Sutopo.

Baca: Sadam Husein, Terduga Pelaku Pembunuhan Menyerahkan Diri Usai Dihantui Arwah Korban

Baca: Jumanji: The Next Level Jadi Film Paling Seru Terbaru dari Sony Pictures, Trailernya Sudah Nongol

Baca: Kasus Ikan Asin, Galih Ginanjar Ingin Berdamai, Tapi Fairuz dan Sonny Tutup Pintu Rapat-rapat

“Mungkin setelah Subuh baru ada informasi (lengkapnya),” kata Yahya.

Dari Twitter

Hari Minggu (7/7/2019) dini hari sebagian khalayak Twitter terkejut oleh cuitan yang mengabarkan bahwa Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB, meninggal dunia.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugorho di Graha BNPB Jakarta Timur ketika menyampaikan perkembangan terakhir bencana banjir bandang di Sentani Jayapura pada Minggu (17/3/2019) pukul 16.00 WIB
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugorho di Graha BNPB Jakarta Timur ketika menyampaikan perkembangan terakhir bencana banjir bandang di Sentani Jayapura pada Minggu (17/3/2019) pukul 16.00 WIB (Tribunnews.com/Gita Irawan)

Cuitan dari akun resmi Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengabarkan bahwa Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou, China.

Dalam cuitan @PRB_BNPB tersebut, menjelaskan bahwa Sutopo Purwo Nugroho telah mengembuskan nafas terakhirnya.

Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau. — Direktorat PRB BNPB (Disaster Risk Reduction) (@PRB_BNPB)

Kabar duka itu segera disusul oleh cuitan berikutnya dari akun yang sama, semakin menegaskan kabar bahwa salah satu sosok penting dalam penanggulangan kebencanaan itu telah benar-benar meninggalkan kita.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho saat menggelar konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (18/3/2019).
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho saat menggelar konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (18/3/2019). (Dennis Destryawan/Tribunnews.com)

Baca: Jejak Thoriq Tak Terlacak Setelah Kabut Tebal Datang

#SelamatJalanPakSutopo Terima kasih banyak untuk dedikasinya dalam mengabarkan kejadian bencana dan edukasi kebencanaan untuk masyarakat agar #SiapUntukSelamat — Direktorat PRB BNPB (Disaster Risk Reduction) (@PRB_BNPB) 

Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengirimkan doanya untuk istri Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang saat ini tengah terbaring karena penyakit kanker darah di tubuhnya.
Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengirimkan doanya untuk istri Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang saat ini tengah terbaring karena penyakit kanker darah di tubuhnya. (kolase/dok Tribunnews.com)

Bukan rahasia lagi bahwa Sutopo Purwo Nugroho mengidap penyakit yang cukup serius, yaitu kanker paru. Almarhum sendiri secara terbuka beberapa kali mengungkapkan kondisinya, terutama kepada para wartawan yang mewawancarainya serta masyarakat yang menjadi follower-nya di media sosial. 

Selama ini ini Sutopo dikenal publik melalui aktivitasnya mengabarkan perkembangan penanggulangan bencana yang terjadi di Indonesia.

Selain sering muncul di televisi setiap siaran mengenai bencana berlangsung, dia juga rajin mengunggah informasi penanggulangan bencana melalui akun media sosial.

Informasinya yang jernih, runtut, dan mudah dipahami telah membantu masyarakat memahami apa yang terjadi berkaitan dengan bencana yang terjadi.

Seperti diketahui, Sutopo bertolak ke Guangzhou, China untuk berobat penyakit kanker paru selama sebulan. Hal itu disampaikan Sutopo dalam akun Instagram miliknya, @sutopopurwo pada Sabtu (15/06/2019).

“Hari ini saya ke Guangzou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh. Kondisinya sangat menyakitkan sekali,” kata Sutopo di akun Instagram tersebut.

Sutopo telah menjalani serangkaian perawatan kesehatan di sejumlah rumah sakit (RS) karena kanker paru-paru yang diidapnya. Ia divonis kanker paru-paru pada 17 Januari 2018.

Semenjak vonis itu, dia masih aktif menjalani tugas-tugasnya untuk menginformasikan berita-berita kebencanaan kepada media.

Baru beberapa minggu belakangan ini, Sutopo sudah tidak aktif lagi di grup WhatsApp media selepas pamit kepada rekan-rekan wartawan untuk fokus berobat.

Reporter: Hasbi Maulana 
Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB, Meninggal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *