Gurun California Bersiap untuk Gempa Susulan

Gurun California Bersiap untuk Gempa SusulanFoto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian

RIDGECREST – Pejabat darurat dan penduduk California selatan bersiap untuk menghadapai gempa susulan yang berpotensi berbahaya setelah wilayah itu digoyang gempa berkekuatan 7,1 skala Richter.

Gempa berkekuatan dahsyat itu mengguncang wilayah Ridgecrest, kota Gurun Mojave di selatan Taman Nasional Death Valley, saat kegelapan turun pada Jumat malam. Gempa menyentak daerah itu dengan kekuatan delapan kali lebih besar daripada gempa 6,4 skala Richter yang melanda wilayah yang sama 34 jam sebelumnya.

Baca juga: Gempa Dahsyat M 6,4 Guncang California Selatan di Hari Kemerdekaan AS

Gubernur California Gavin Newsom meminta bantuan federal dan menempatkan Kantor Layanan Darurat (OES) negara bagian dalam siaga tertinggi.

“Kami memiliki laporan signifikan kebakaran, kebakaran struktural, sebagian besar sebagai akibat kebocoran gas atau kerusakan saluran gas,” Direktur OES Mark Ghilarducci mengatakan pada konferensi pers larut malam pada hari Jumat seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/7/2019).

Guncangan hebat juga menyebabkan kerusakan utama pada saluran air dan merobohkan tiang listrik serta memutus komunikasi ke beberapa bagian Ridgecrest, sebuah kota berpenduduk sekitar 27.000 yang terletak sekitar 202 kilometer timur laut Los Angeles.

Pihak kepolisian mengatakan tidak ada korban jiwa atau cedera serius yang dilaporkan akibat gempa. Namun Ghilarducci mengatakan kerusakan sepenuhnya tidak akan diketahui sebelum fajar pada hari Sabtu.

“Ini adalah gempa yang sangat besar, dan kami juga tahu akan ada serangkaian gempa susulan sebagai akibat dari gempa utama,” kata Ghilarducci, seraya menambahkan bahwa agensinya menghadapi “tantangan” untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan ke zona gempa yang terisolasi.

“Ini tidak akan menjadi sesuatu yang akan segera berakhir,” imbuhnya.

Semalam, sekitar enam jam setelah gempa utama, pusat kota Ridgecrest menjadi hening, kecuali sesekali gemuruh gempa susulan. Beberapa warga terlihat duduk di kursi taman di kegelapan di luar. Rumah-rumah membiarkan pintu garasinya terbuka dengan mobil yang diparkir di jalan masuk.

Gempa pada Jumat waktu setempat dirasakan begitu luas di California Selatan, termasuk Los Angeles wilayah yang lebih besar, di mana guncangan di beberapa daerah berlangsung sekitar 40 detik. Gemuruh tingkat rendah meluas hingga utara ke daerah Teluk San Francisco dan selanjutnya ke Reno, Nevada, dan sejauh timur sampai Phoenix, Arizona.

Seismolog mengatakan gempa awal pada hari Kamis waktu setempat, dan lusinan gempa lain yang lebih kecil mengikutinya, terbukti menjadi goncangan untuk gempa yang jauh lebih besar pada Jumat waktu setempat, yang sekarang masuk dalam daftar sebagai gempa paling kuat di California Selatan sejak gempa 7,1 skala Richter yang melanda dekat pangkalan Korps Marinir AS di Gurun Mojave pada tahun 1999.

Survei Geologi AS mengatakan, gempa besar hari Jumat segera diikuti oleh setidaknya 16 gempa susulan berkekuatan 4 SR atau lebih besar dan memperingatkan kemungkinan 50 persen dari gempa berkekuatan 6 SR lainnya di hari-hari mendatang. Ahli geologi menempatkan kemungkinan gempa berkekuatan 7 dan skala lainnya pada 10 persen selama minggu depan.


Artikel Asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *