Irak Tegaskan Ogah Jalin Hubungan dengan Israel

Irak Tegaskan Ogah Jalin Hubungan dengan IsraelIrak menegaskan komitmennya untuk tidak menjalin hubungan dengan Israel. Foto/Istimewa

BAGHDAD – Irak menegaskan komitmennya untuk tidak menjalin hubungan dengan Israel. Irak menyatakan menolak pendudukan Israel atas wilayah Palestina.

“Kami menegaskan kembali bahwa posisi Irak dalam masalah Palestina sama dengan posisi kami yang berprinsip dan historis dalam menolak pendudukan Israel atas tanah Arab,” kata Kementerian Luar Negeri Irak dalam sebuah pernyataan.

“Kami tidak membangun hubungan apa pun dengan negara pendudukan, dan berkomitmen pada prinsip boikot, untuk tidak mengabaikan penolakan semua bentuk normalisasi dengan entitas ini (Israel),” sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (7/7/2019).

Pernyataan kementerian itu muncul sebagai tanggapan atas video yang beredar di mana Fareed Yasseen, duta besar Irak untuk Amerika Serikat, mengatakan bahwa ada alasan obyektif yang mungkin mengarah pada pengembangan hubungan antara Irak dan Israel.

Setelah pernyataan duta besar itu, komite hubungan luar negeri parlemen Irak meminta Kementerian Luar Negeri untuk memastikan pernyataan karyawan dan perwakilannya dalam misi diplomatik Irak sejalan dengan kebijakan luar negeri pemerintah.


Artikel Asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *