Jenazah Sutopo Dibawa ke Indonesia Hari Ini, Dimakamkan di Boyolali

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo NugrohoKepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho

VIVA – Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, telah meninggal dunia di Guangzhou, China, pada pukul 02.00 waktu setempat, hari ini Minggu 7 Juli 2019.

Sutopo meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Ia didiagnosa penyakit mematikan tersebut sekitar awal Desember 2017. 

Pelaksana Harian Direktur Kesiapsiagaan BNPB Bambang Surya Putra, mengungkapkan jenazah Sutopo akan dipulangkan ke Indonesia pada hari ini. Rencananya Sutopo akan dimakamkan di Boyolali. 

“Kami di BNPB sedang upaya berkoordinasi dengan Kedutaan RI di China dan maskapai penerbangan agar memulangkan Pak Sutopo hari ini. Diusahakan dipulangkan hari ini, semakin cepat semakin baik,” katanya kepada VIVA.co.id, Minggu 7 Juli 2019. 

Bambang mengatakan, BNPB akan melakukan pelepasan terhadap Sutopo sesuai perwira TNI sebagai penghormatan terakhir. Sutopo rencananya akan dimakamkan di Boyolali. “Dimakamkan hari ini di Boyolali sesuai permintaan orang tuanya,” kata Bambanng.  

Diketahui Sutopo telah berada di Guangzho untuk melakukan pengobatan sejak Sabtu 15 Juni 2019. Dia berada di sana bersama istri dan anaknya. 

Sutopo sempat mengunggah video saat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sebelum berangkat ke Guangzho. Sutopo mengatakan bahwa kankernya sudah menyebar. Untuk itu ia meminta doa dan restu kepada warganet untuk menjalani satu bulan pengobatan di Guangzhou.

“Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh. Kondisinya sangat menyakitkan sekali,” kata Sutopo mengunggah video pada Sabtu 15 Juni 2019. 
 


Artikel Asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *